Kamis, 24 April 2014

PIANI PERAWAN TERSEMBUNYI

Kabupaten tapin, banyak org yg mengira hutan di tapin sdh tak perawan lagi, namun setelah di jelajahi, ternyata kabupaten tapin masih banyak hutan dan alam yang masih perawan, sebut saja kecamatan piani yamg terletak di daerah lereng gunung meratus.
Setelah kemarin kami jelajahi di sebagian wilayah yang ada di desa batu ampar dan pipitak jaya, ternyata banyak menyimpan keindahan alam dan budaya dayak lereng meratus tersebut, antara lain adalah air terjun batumpang 2, bagandah, dan masih ada lagi air terjun yg blm sempat kami datangi, untuk wisata budaya disana juga ada terdapat 8 buah balai adat yg masih digunakan, kemudian bagi yang suka dengan tantangan air, disana juga ada tersedia balanting paring yang tingkat kesulitannya tidak terdapat di daerah loksado. Apalagi disana juga terdapat tanaman2 dradisional dayak mancabung.
Apabila kawan2 ingin menjelajahinya, sebelum memasuki wilayah tersebut tentunya pengunjung akan meliwati hutan arburetum, terus goa baramban, gunung pian, sungai riam tapin. Dan apabila kita sudah sampai disana pastinya kita akan disuguhi dengan keramahan-keramahan dayak lereng meratus yg berada di desa pipitak jaya. Dan juga disana banyak terdapat makanan- makanan khas yg tidak terdapat di daerah lain, sebut saja di antaranya Beras keramat.
Nah tunggu aplg ayo datang k kota kami. Tak perlu jauh jauh yang dekatpun tidak kalah menarik....

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Teruskan berkarya, menulis & tingkatkan kreativitasmu, semoga sukses maju jaya. Salam PLUR

Fauzi Sandayuhan mengatakan...

mantap Om ..haha kapan kita Jelajah hutan lagi ?

Unknown mengatakan...

Kita atur dulu.. soalnya wisata ini sepaket...

Unknown mengatakan...

Makasih bang... ternyata dia peduli... hohoho